Cara Mudah Menyambung Singkong Karet

Cara Mudah Menyambung Batang singkong Karet

Biasanya para petani banyak yang menanam singkong karena mudah, tidak banyak hama yang menyerang dan perawatanya pun mudah bahkan batangnya dibiarkan saja bisa tumbuh dengan sendirinya tetapi petani biasanya hanya menanam singkong yang bisa dimankan saja tetapi buanhya hanya sedikit dan buahnya tidak terlalu besar ya bisa dibilng setandar lah dibandingkan dengan  singkong karet yang buahnya bisa mencapai paha orang dewasa.

Namun menanam singkong karet tidak semudah menanam siungkong makan pada umumnya, sangat berbeda singkong karet lebih agak rumit, kerana membutuhkan perawatan yang ekstra. Tetapi bisa mendapat keuntungan yang besar pula, kali ini saya akan mengajarkan cara mencangkok singkong kater dengan singkong biasa.

Di bawah ini langkah-langkah dalam menyambung tanaman singkong karet yang bisa anda tiru :

  1. Siapkan batang bawah yang berasal dari singkong biasa serta batang atas dari singkong karet. Usahakan kedua batang tersebut memiliki ukuran panjang tidak kurang dari 30 cm dan besarnya pun tidak jauh beda. Bahan-bahan ini sebaiknya diambil dari batang yang usianya tidak terlalu tua atau terlalu muda dan masih mengandung getah.

 

  1. Potonglah batang singkong menggunakan gergaji agar hasilnya lebih rapi. Tancapkan lidi di bagian tengah-tengah penampang singkong, tepatnya di lapisan yang mirip dengan

 

  1. Satukanlah batang singkong atas dengan batang singkong bawah. Perkuat ikatan kedua batang ini menggunakan tali rafia atau plastik yang diikatkan mengelilingi sambungan. Selanjutnya batang tersebut telah siap ditanam dan digunakan sebagai bibit.
  2. Penanaman batang singkong sebaiknya langsung dilakukan di lahan. Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan lahan tersebut terlebih dahulu dengan mencangkulnya sedalam 20-30 cm. Selanjutnya taburkan pupuk kandang di atas lahan tadi untuk meningkatkan kesuburannya.

 

  1. Penanaman Setek Batang sebaiknya tidak dilakukan dengan menancapkan batang singkong secara langsung ke dalam tanah karena dapat merusaknya. Anda perlu membuat lubang penanaman,masukan bibit stek batang singkong tadi ke dalam lubang, lalu timbun kembali dengan tanah di sekitarnya sampai benar-benar kuat untuk menghindari jatuhnya/roboh batang singkong ketika hujan.

 

  1. Pemeliharaan tanaman singkong dilakukan dengan memperhatikan tingkat kelembaban media tanam. Pemupukan juga perlu dilaksanakan setiap sebulan sekali untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tanaman singkong. Jangan lupa untuk mencabut semua rumput yang tumbuh di area lahan.

 

Cara Penyambungan  :

 

  1. Jika kesulitan dalam memotong batang singkong menggunakan golok tajam gunakan gergaji, pertama kali dapat dibantu dengan gergaji. Potong batang singkong miring dengan gergaji terlebih dahulu, setelah itu barulah diperhalus dengan pisau yang tajam.
  2. Langkah berikutnya proses menempel. Satukan kedua permukaan dengan menggunakan tali plastik. Orang jaman dulu banyak menggunakan tali tradisional dari pelepah pisang untuk pengikatan sambung singkong ini. Pemula biasanya akan mengalami kesulitan saat pengikatan. Bidang miring pada kedua permukaan, membuatnya bergeser saat diikat dari tepi. Untuk itu ikatan dapat dimulai dari bagian tengah baru kemudian ke tepi atas dan bawah. Dengan cara ini ikatan tidak akan banyak bergeser.
  3. Menancapkan Lidi Cara lain yang bisa dipakai adalah menancapkan sepotong lidi beberapa centimeter atau bambu yang diraut kecil ke titik tengah lingkaran batang. Titik tengah batang singkong berwarna putih dan berisi jaringan yang lunak seperti gabus. Setengah panjang lidi menancap di batang bawah, dan sisa setengah lagi untuk menancap di batang atas. Setelah batang bawah ditancap lidi, baru batang atas disambungkan. Proses tali akan jauh lebih mudah dengan cara ini
  4. Selain ketepatan dan kehalusan pemotongan, kesegaran batang yang disambung ikut menentukan keberhasilan sambungan. Batang yang masih baru dan segar, akan mengeluarkan banyak cairan dan   permukaan yang disambung juga terlihat basah. Batang yang seperti ini lebih besar kemungkinan keberhasilannya.
  5. Jika sudah Selesai menempel dan pengikatan tinggal dilakukan proses stek batang singkong. Batang singkong yang telah disambung ini disetek atau ditancapkan ke dalam tanah. Sebaiknya tanah yang akan ditancapkan harus gembur agar memudahkan proses saat pindah tanam.dan tidak merusak stek batang singkong, Pada praktek ini hasil sambung sementara ditempatkan di tempat yang teduh. Jika tanah media terlalu kering, harus dilakukan penyiraman pada media agar setek singkong tidak mati dan lebih cepat tumbuh.