Tips mengusir hama tikus disawah yang merusak padi

Tips mengusir hama tikus disawah yang merusak padi

Bagaimana sih cara membasmi tikus yang benar agar tikus pergi dari sawah kita sebagian besar petani kewalahan dengan hama yang satu ini karena  sangat mengangu tanaman padi para petani oleh karena itu dibutuhkan cara untuk mengusir hama ini. Nah kali ini saya akan membagikan cara bagimana mengusir tikus berikut caranya :

Berikut adalah cara pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mencegah hama tikus pada tanamana padi anda:

  1. Bersihkan lahan terlebih dahulu atau sanitasi lingkungan, pembersihan rumput rumput atau semak-semak yang suka digunakan tikus untuk Mencari makan dan bersarang.
  2. Melakukan pemburuan atau dengan cara membunuh tikus secara langsung/ secara fisik , dengan melakukan pembongkaran lubang-lubang sarang tikus, kemudian dibutu dan dibunuh , atau Memasukkan air yang di campur bahan kimia ke dalam sarangnya Yang nantinya akn membuat tikus mati atau keluar dari lubangnya.
  3. Penanam padi secara serempak meliputi areal yang laus, misalnya seluas 100 hektar. Cara ini dilakukan untuk melakukan ketersediaannya makanan bagi tikus.
  4. Memanfaatkan cara pengendalian tikus yang biasa digunakan, seperti penggenangan sarang tikus, pemerangkapan, bunyi-bunyian, penjaringan dan cara-cara lainnya.
  5. Biologi/hayati dengan memanfaatkan musuh-musuh alaminya seperti ular piton, ular kobra, ular welang-weling, burung hantu dan lainnya.
  6. Memasang tirai persemaian pada saat padi disemai, di mana cara ini dilakukan untuk melindungi persemaian padi dari hama tikus. Bahan yang digunakan dari lembaran plastik atau lembaran kaleng bekas, tirai di pasang di sekitar persemaian dengan tinggi sekitar 60-70 cm.
  7. Dengan pemberian Rodentisida, digunakan hanya apabila populasi tikus sangat tinggi terutama pada awal tanam yang biasanya banyak tikus yang mengangu. Penggunaan rodentisida harus sesuai dosis anjuran. Umpan ditempatkan di habitat utama tikus, seperti tanggul irigasi, jalan sawah, pematang besar, atau tepi Rawa.
  8. Dengan memberikan Fumigasi dapat efektif membunuh tikus dewasa beserta anak-anaknya di dalam sarang. Agar tikus mati, tutuplah lubang tikus dengan lumpur setelah difumigasi dan sarang tidak perlu dibongkar. Lakukan fumigasi selama masih dijumpai sarang tikus terutama pada stadium generatif padi.
  9. Dengan melakukan pencegahan LTBS atau Linier Trap Barrier System atau berupa bentangan pagar plastik/terpal setinggi 60-70 cm, ditegakkan dengan ajir bambu setiap jarak 1 m, dilengkapi bubu perangkap setiap jarak 20 m dengan pintu masuk tikus berselang-seling arah.. LTBS dipasang di daerah perbatasan habitat tikus atau pada saat ada migrasi tikus. Pemasangan dipindahkan setelah tidak ada lagi tangkapan tikus atau sekurang-kurangnya di pasang selama 3 malam.

 

Tipsa lain yang memanfaatkan Tanaman

Kebanyakan orang biasanya bingung gimana cara membasmi hama tikus yang berkembang biak sangat pesat, dan sudah banyak cara dilakukan tetapi masih saja tidak mempan dan tanamanya masih saja dimakan tikus, kali ini saya akan membagikan tips gimana cara membasmi tikus yang membandel.

  1. Sebelum datangnya musim tanam kita harus menyiakan racun untuk membasmi tikus agar tanaman padi kita nanti tidak diserang tikus caranya :

Kupas Singkong atau cukup dibersihkan saja gunakan singkong racun, langsung diparut tak usah dicuci, lalu diaduk dengan air kelapa hijau kemudian dikukus jangan terlalu panas kira-kira 40 derajat, dan dibuat menyerupai makanan yang lezat sesudah itu letakkan dilubang yang sering dilewati Tikus agar dimakan. Memang tikus yang memakannya tidak langsung lenyap atau pergi menjauh tempat tersebut namun menjadi mandul beserta tidak berkembang pesat lalu mati karena umur tikus yang tidak panjang.

 

  1. Buah kolang-kaling muda, dicacah ingat gunakan sarung tangan untuk menghindari Letakkan dilubang/jalan tikus. Tikus yang terkena akan gatal-gatal dan akan mencari temannya. Ketika temannya tersenggol akan ikut gatal pun sehingga Tikus akan gatal-gatal massal, sampai jadi gerombolan tikus akan pindah bisa juga meletakan cacahan buah kolangkaling disebar dipadi.

 

  1. Buah Maja, dibelah jadi 4 bagian atau 8 bagian, ditaruh di pinggir sawah yang nantinya memungkinkan tidak memakan padi karena sudah ada pasokan makanan di dekatnya.

 

  1. Siapkan Buah Mengkudu petik dua atau tiga buah mengkudu, Potonglah buah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Letakkan mengkudu tersebut dalam wadah berisi potongan mengkudu letakkan pada tempat yang sering dilalui tikus. bau yang menyengat dari buah mengkudu akan membuat tikus angkat kaki dari rumah. usahakan buah Mengkudunya yang sudah tua atau yang sudah mulai membusuk.

 

  1. Biasanya kulit durian akan dibuang sia-sia setelah memakan buahnya yang enank, nah kali ini ada kegunaannya dari kulit durian cari lah kulit durian dan potong-potong beberapa bagian dan letakkan potongan kulit durian tersebut di tempat yang sering dilalui tikus karena Baunya yang menyengat beserta kulit yang berduri dari durian akan membuat tikus angkat kaki dari sarangnya.

 

  1. Carilah Batang Tanaman yang Berduri Tajam, Ada beberapa type tanaman baik berkayu maupun tidak yang berduri tajam, misalnya pelapah salak bersama beberapa model batang tanaman hias berduri. Letakkan beberapa potong tanaman khususnya yang berduri sangat tajam di tempat tikus biasa berkeliaran. Maka tikus tidak akan melewati tempat itu.

 

  1. Kulit Jengkol, dongeng petani rawa lebak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan bersama Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, di masa silam. Mereka mengumpulkan kulit jengkol dari ladang, pasar tradisional, atau dapur lalu menyebarkan di sawah. Dengan cara itu sawah bebas dari serangan tikus. Itu teknik lama mengusir tikus yang digunakan turun-temurun petani di Tanah Banua.

 

  1. Siapkan Buah Bintaro letakkan pada tempat dimana tikus sering Melewatinya, aroma buah ini biasanya  membuat tikus pusing atau kabur yang nantinya bisa muncul dan anda bisa membunuh secara fisik,

 

Nah sekian tips dari saya bisa dicoba masing-masing tips tadi, dan semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sekarnag sedang mambaca artikel ini.